5 Pemicu Yang Dapat Sebabkan Diare

Salah satu masalah kesehatan yang bisa sangat menyebalkan adalah diare. Kondisi ini bisa membuatmu bolak-balik ke kamar mandi hingga kahirnya kamu merasa lemas. Walau terlihat sepele, diare juga perlu diatasi dengan serius. Pasalnya, diare bisa jadi sangat menyiksa, membuat tubuh lemas, dehidrasi dan pada anak-anak bahkan juga bisa berakibat fatal.

Banyak orang yang menganggap bahwa diare ini pasti disebaban oleh makanan. Walau begitu, sejumlah hal lain juga bisa menjadi penyebab terjadinya diare ini. Beberapa hal yang sering tak kita sadari bisa menjadi penyebab terjadinya diare. Dilansir dari Men's Health, berikut sejumlah hal yang bisa menjadi penyebab munculnya diare.

Konsumsi Sorbitol

Sorbitol adalah salah satu pemanis buatan yang bisa ditemukan di banyak produk bebas gula. Sorbitol biasanya terdapat pada permen karet, obat batuk, minuman berenergi, jus, dan selai. Banyak orang yang tak menyadari adanya sorbitol dalam makanan mereka, hal inilah yang membuat mereka tak tahu bahwa sorbitol juga bisa menyebabkan diare.

Ketika dicerna, sorbitol akan memicu air untuk masuk ke saluran usus dan bisa menyebabkan diare. Untuk itu, sangat penting mengecek label makanan sebelum mengonsumsinya.

Olahraga Berlebihan

Olahraga memang bisa membuat tubuh bugar dan sehat. Namun jangan salah, olahraga berlebihan juga bisa berakibat buruk untuk pencernaan. Olahraga yang terlalu berat akan menyebabkan suplai darah berkurang pada saluran pencernaan dan otot. Hal ini bisa menyebabkan kram. Tak hanya itu, ini juga bisa menyebabkan diare dan terkadang bahkan menyebabkan pendarahan saat buang air besar.

Adanya Parasit Giardia

Parasit Giardia adalah salah satu penyebab diare yang sulit sekali dideteksi. Tentu saja orang akan sulit mengetahui ketika ada parasit yang masuk ke dalam tubuhnya, karena ukuran parasit yang sangat kecil dan seringkali tak disadari.

Giardia, salah satu jenis parasit yang bisa ada di air segar adalah salah satu penyebabnya. Giardia bisa hidup di air segar yang ada di alam terbuka. Parasit ini bisa masuk ke saluran pencernaan dan menyebabkan bakteri. Salah satu tanda jika diare disebabkan oleh giardia adalah kotoran yang berbau seperti belerang.

Konsumsi Antibiotik

Antibiotik bisa membantu untuk meredakan penyakit atau bahkan membunuh parasit giardia yang menyebabkan diare. Tetapi, antibiotik juga bisa memicu masalah pencernaan seperti diare. Dalam batas tertentu, antibiotik bisa mengubah bakteri dalam pencernaan dan menyebabkan keseimbangan antara bakteri baik dan buruk menjadi rusak. Hal inilah yang kemudian memicu diare.

Konsumsi Minuman Beralkohol

Alkohol tak hanya bisa menyebabkan masalah serius seperti menurunnya kemampuan otak atau merusak lever, tetapi juga bisa menimbulkan masalah kesehatan ringan dan sedang seperti diare. Karbohidrat yang ada dalam minuman beralkohol sangat besar dan akan terfermentasi dalam usus sehingga menyebabkan produksi gas meningkat dan memicu diare.

Sejumlah hal tersebut bisa menjadi biang kerok terjadinya masalah pencernaan yang kamu alami. Walau begitu, ketika diare ini tak kungjung usai selama beberapa waktu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasinya.