7 Serial Televisi Yang Dijuluki Paling Modis dan Fashionable

Apa yang menjadi daya tarik utama bagi sebuah serial drama televisi? ceritanya yang menarik? sudah pasti. Akting para aktor dan aktrisnya? Tentu saja itu menjadi alasan utama. Tetapi tak sedikit pula serial televisi berikut juga terkenal karena mengusung fashion yang memanjakan mata para penontonnya.

Bukan hanya perkembangan ceritanya, baju-baju modis yang dikenakan para pemainnya dalam setiap episode turut menjadi perbincangan. Beberapa di antaranya bahkan mampu mempengaruhi dunia mode, menciptakan tren fashion tersendiri di tengah masyarakat.

Zaman sekarang serial televisi juga mengedepankan sisi glamor demi menarik perhatian penonton. Baju dan aksesoris pun dipilih dari koleksi brand ternama oleh para perancang kostum. Tak hanya serial dari Amerika Serikat, drama-drama asal Korea Selatan pun banyak yang menyumbangkan pengaruhnya dalam Korean wave yang saat ini sedang melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia. Inilah lima dari sekian banyak serial televisi dengan fashion yang menginspirasi.

Berikut ini beberapa serial televisi yang diingat publik sebagai tontonan paling modis dan fashionable pada masanya. Mana yang menjadi favorit Anda?

1. Sex & The City

Sex & the City adalah acara televisi yang ditayangkan HBO dari tahun 1998-2004, mengisahkan tentang kehidupan para wanita lajang di kota New York, Carrie Bradshaw (Sarah Jessica Parker), Samantha Jones (Kim Cattrall), Charlotte York (Kristin Davis), dan Miranda Hobbes (Cynthia Nixon). Serial yang diadaptasi dari novel karangan Candace Bushnell ini sempat menjadi acara fenomenal berkat ceritanya yang memikat dan penampilan modis para pemerannya.

Penata gaya Patricia Field merupakan sosok yang berperan besar dalam menjadikan serial tersebut. Berkat arahannya, tokoh Carrie Bradshaw yang dibawakan oleh Sarah Jessica Parker menjadi panutan fashion bagi para wanita. Buat keempat aktris yang menjadi peran utama dalam film tersebut, Field memberikan tampilan busana yang modern dan mewah, namun tetap cocok dikenakan oleh wanita karir yang aktif. Korsase bunga, sepatu Mary Jane Manolo Blahnik dan terutama rok tutu adalah tren yang dibawa kembali oleh Field melalui acara tersebut.


2. I Do, I Do

Drama Korea ini ditayangkan oleh Munhwa Broadcasting Corporation pada tahun 2012. Ceritanya berkisar pada kehidupan cinta Hwang Ji Ahn (Kim Sun Ah), seorang desainer sepatu yang mendapati dirinya hamil setelah kencan semalam dengan Park Tae-kang (Lee Jang-woo), pemuda yang usianya jauh lebih muda darinya. I Do, I Do merupakan salah satu serial televisi yan paling diantisipasi oleh pemirsa Korea Selatan. Meskipun rating serial ini tak setinggi yang diharapkan, tetapi fashion tokoh Hwang Ji Ahn yang diperankan oleh Kim Sun Ah menjadi topik hangat bagi netizen Korea Selatan.

Selera mode Hwang Ji Ahn, terutama pilihan busana kerjanya yang tak biasa menjadikan penjualan produk-produk dari merek baju yang tampil dalam serial itu ikut meningkat. Ternyata busana-busana yang dikenakan tokoh tersebut merupakan pilihan dari penata kostum Kim Young Joo dan Kim Sun Ah, si pemeran. Tak hanya pilihan busananya, rambut bob Hwang Ji Ahn yang pendek dan modis juga menjadi tren tersendiri di kalangan wanita Korea Selatan. Sepatu-sepatu yang ditampilkan dalam serial tersebut, tepatnya 500 pasang sepatu yang menjadi koleksi Hwang Ji Ahn ternyata merupakan koleksi para perancang terkenal yang bernilai sekitar 120 juta won.

3. Pretty Little Liars

Pretty Little Liars adalah serial misteri drama remaja Amerika Serikat yang tayang sejak 8 Juni 2010. Kisahnya berputar pada kehidupan empat remaja yang tergabung dalam geng murid populer, Spencer Hastings (Troian Bellisario), Hanna Marin (Ashley Benson), Emily Fields (Shay Mitchell), dan Aria Montgomery (Lucy Hale) yang mulai mendapat teror dari seseorang yang misterius sejak ketua mereka ditemukan tewas. Meskipun bertema gelap tetapi acara yang sudah berlangsung selama empat musim ini juga dikenal karena fashion para aktrisnya yang modis.

Empat gadis anggota geng The Liars memiliki gaya busana yang berbeda-beda. Aria bisa disebut sebagai yang paling modis. Pilihan busana dan aksesorisnya selalu berani. Sementara Emily cenderung tomboy dan memilih baju-baju yang simpel namun tetap modis. Kaos-kaos bermodel unik yang dia kenakan pada tiap episode bisa dijadikan inspirasi gaya bagi Anda yang berjiwa sporty. Hanna adalah tipe remaja glamor yang selalu mengenakan gaun-gaun feminin dan sepatu hak tinggi. Lalu ada pula Spencer dengan penampilan ala murid sekolah yang modis dan trendi.


4. Gossip Girl

New York Times menyebut acara ini sebagai acara televisi pertama dengan fashion yang membuat industri retail fashion bergairah. Gossip Girl adalah serial drama remaja keluaran CW Television NEtwork yang tayang sejak tahun 2007 sampai tahun 2012. Serial ini mengisahkan problematika kehidupan para remaja yang tinggal di kawasan elit Manhattan. Gossip Girl telah menjadi sarana promosi berbagai merek busana ternama selama bertahun-tahun. Gaya busana para tokoh dalam serial tersebut sangat digandrungi oleh para remaja Amerika Serikat. Bahkan para pemerannya pun ikut terdongkrak reputasinya sebagai acuan mode di berbagai media massa.
Gossip Girl

Apa yang menjadikan acara ini sebagai serial televisi paling modis? Ternyata semua itu berkat tangan dingin Eric Daman, sang penata kostum. Pria ini sempat menjadi asisten penata gaya dalam Sex and the City yang dibintangi oleh Sarah Jessica Parker. Daman mampu membuat para pemeran Gossip Girl tampil memukau di depan kamera berkat pilihan kostumnya yang merupakan perpaduan dari busana-busana vintage dengan desain berkelas namun khas anak muda. Daman banyak dipuji berkat keberaniannya dalam memadukan busana yang tidak mematuhi pakem fashion.

Serena Van der Woodsen (Blake Lively) dan Blair Waldorf (Leighton Meester). Serena memiliki gaya klasik dan seksi yang terinspirasi dari penampilan supermodel Kate Moss. Busana favoritnya adalah jaket-jaket warna netral, sepatu bot, dan celana panjang ketat yang dipadukan dengan berbagai aksesoris berani. Rambutnya yang panjang tergerai dengan model terkesan agak berantakan juga sempat menjadi tren. Sementara itu gaya Blair Waldorf cenderung manis dan feminin. Penampilan khasnya adalah gaun selutut bermotif dengan warna-warna cerah dan headband yang bermacam-macam. Tokoh yang satu ini menjadikan headband berukuran besar menjadi tren kembali.

5. Mad Men

Sejak tayang perdana di tahun 2007 sampai episode terakhirnya di tahun 2015, Mad Men telah menjadi fenomena tersendiri di dunia pertelevisian. Bukan cuma dari segi cerita, gaya berbusana para tokoh di film ini juga menjadi acuan bagi para pria dan wanita di Amerika Serikat. Selagi Mad Men tayang, industri tailor di negara itu mengalami lonjakan permintaan dan para pria kembali menggemari setelan ala para karyawan di Sterling Cooper.

Para wanita pun mengambil inspirasi gaya berbusana rapi seperti para wanita di tahun 60-an dari karakter Betty Draper, Joan Holloway, dan Peggy Olson. Rok pensil, gaun cocktail, dan setelan yang jadi ciri khas Mad Men begitu ikonis. Gara-gara itu, sang desainer kostum, Janie Bryant digandeng brand Banana Republic untuk merilis sederet pakaian bergaya serupa.

6. Suits


Serial yang satu ini memang mengangkat sepak terjang para pengacara di firma hukum dan kasus-kasus yang mereka hadapi. Namun bukan berarti penampilan para karakternya dikesampingkan. Suits justru menampilkan gaya berbusana yang menjadi panutan para pekerja kantoran. Paduan rok pensil dan kemeja, setelan, atau one piece dress yang dikenakan karakter Donna Paulsen, Rachel Zane, dan Jessica Pearson di serial itu membuahkan inspirasi gaya berbusana di kantor bagi banyak wanita modern.

Outfit yang dikenakan para tokoh Suits merupakan gagasan dari desainer kostum Jolie Andreatta. Dia memilih koleksi vintage dari Tom Ford, Prada, Lanvin, Giambattista Valli, Christian Dior, dan Chanel dan memadupadankan satu sama lain untuk menghasilkan kostum sesuai cerita.

7. My Love From The Star


Terakhir ada My Love From The Star yang fenomenal dari segala segi. Drama ini menandai kembalinya Jun Ji-hyun ke layar televisi dan menuai sukses luar biasa. Segala hal tentang Cheon Song-i, karakter yang Jun perankan menjadi trend di Korea Selatan dan China. Drama ini juga mempopulerkan gaya berbusana mewah dengan merek-merek high end seperti Jimmy Choo, Hermes, dan Celine. Pakaian-pakaian yang dikenakan Song-i segera menjadi tren dan mendapat permintaan tinggi dari pasaran China. Tentu saja, kostum-kostum ini segera dibuat dalam produksi massal oleh industri garmen China yang cepat tanggap terhadap selera pasar.