8 Macam Jenis Minyak Esensial Yang Dapat Difungsikan Sebagai Parfum

Minyak esensial tak hanya bisa digunakan untuk perawatan kulit, rambut, dan penenang saja. Aroma minyak alami ini bisa juga difungsikan sebagai parfum. Dioleskan di titik nadi, kita juga bisa mendapatkan efek aromaterapinya. Berikut ini beberapa jenis minyak esensial yang bisa digunakan sebagai parfum.

  • Minyak Esensial Lemon
  • Minyak Esensial Cendana (Sandalwood)
  • Minyak Esensial Mawar (Rose)
  • Minyak Esensial Lavender
  • Minyak Esensial Kenanga (Ylang-Ylang)
  • Minyak Esensial Melati (Jasmine)
  • Minyak Esensial Jeruk (Orange)
  • Minyak Esensial Nilam (Patchouli)

1. Minyak Esensial Lemon


Bagi kamu yang menyukai parfum dengan aroma segar citrus, gunakan minyak esensial lemon sebagai pengganti. Selain memberikan aroma yang segar, minyak lemon juga berkhasiat menenangkan. Menghirup aroma ini saat sedang gelisah akan membuat pikiran lebih rileks. Hindari penggunaan minyak lemon saat beraktivitas di bawah sinar matahari.

2. Minyak Esensial Cendana (Sandalwood)

Minyak dengan aroma kayu yang lembut ini bisa menjadikan perasaan lebih nyaman sekaligus meredakan emosi. Hirup aromanya saat sedang marah bisa membuat pikiran lebih tenang.

3. Minyak Esensial Mawar (Rose)

Aroma mawar yang lembut dan feminin berguna untuk meredakan kecemasan, masalah pernapasan, dan melancarkan peredaran darah. Tetapi jangan menggunakan minyak mawar terlalu banyak karena dapat menyebabkan pusing. Hindari juga penggunaan minyak mawar untuk aromaterapi saat sedang hamil.

4. Minyak Esensial Lavender

Lavender tak hanya baik untuk perawatan kulit dan rambut. Minyak ini juga memiliki efek antidepresan dan bisa mengatasi bau badan yang tak sedap. Lakukan tes aroma dan kulit sebelum menggunakan minyak lavender. Kadang minyak ini bisa menimbulkan reaksi alergi.

5. Minyak Esensial Kenanga (Ylang-Ylang)
Minyak Esensial Kenanga
Kenanga memiliki efek anti-stres paling kuat jika dibandingkan dengan minyak esensial lainnya. Aromanya yang tajam juga baik untuk mengatasi rasa mual dan sakit kepala.

6. Minyak Esensial Melati (Jasmine)

Jasmine oil memiliki aroma yang lembut dan feminin. Harganya memang sedikit lebih mahal daripada minyak esensial lainnya. Tetapi minyak ini juga baik untuk mengatasi stres dan meningkatkan gairah seksual.

7. Minyak Esensial Jeruk (Orange)

Minyak esensial jeruk memiliki efek penenang yang cukup kuat. Juga bisa membangkitkan semangat dan gairah. Menggunakan minyak ini sebagai parfum akan memberikan rasa segar seperti lemon.

8. Minyak Esensial Nilam (Patchouli)

Minyak nilam membantu untuk mengurangi kecemasan, depresi, kelelahan, dan kecanduan. Aroma dedaunannya cukup kuat, jadi gunakan sedikit saja.

Itulah beberapa jenis minyak esensial yang bisa difungsikan sebagai parfum sekaligus minyak aromaterapi.