Keunikan 6 Kampung dan Kota Bernuansa Biru Di Dunia

Pemukiman dengan warna-warni mencolok belakangan menjadi sensasi di Instagram. Buktinya, kota dengan warna-warna pelangi seperti Agueda dan Burano semakin kebanjiran pengunjung. Selain kota dengan warna pelangi, ada pula kota biru di berbagai belahan dunia. Pemukiman dengan warna laut seperti ini biasanya menjadi destinasi wisata favorit para selebgram, karena memang terlihat fotogenik di balik kamera. Berikut ini kota-kota biru dengan pemandangan terindah di dunia. Mulai dari Juzcar, Oia, sampai Jodhpur yang ada di India.

1. Juzcar - Spanyol

Juzcar dikenal sebagai desa Smurf, karena keseluruhan pemukiman itu dicat dengan warna biru. Awalnya Juzcar merupakan salah satu Kota Putih Andalusia. Selama puluhan tahun rumah-rumah di desa ini dicat dalam warna putih yang seragam. Namun pada tahun 2011 mendadak Juzcar diselimuti warna biru. Sony Pictures meminta persetujuan warga Juzcar untuk mengecat bangunan di sana menjadi warna biru. Kala itu Sony tengah merayakan premier film terbaru Smurf.

Bertahun-tahun kemudian, warga Juzcar masih mempertahankan warna biru yang menjadi daya tarik wisata bagi pemukiman tersebut. Tempat ini pun menjadi salah satu desa wisata yang populer di Spanyol.

2. Jodhpur - India
Keunikan 6 Kampung dan Kota Bernuansa Biru Di Dunia
Jodhpur adalah kota terbesar kedua di negara bagian Rajasthan India dan disebut yang paling indah pula. Kota yang bertengger di tepi timur Gurun Thar ini memiliki banyak julukan. Salah satunya adalah kota biru. Awalnya hanya rumah kaum Brahmana yang dicat dengan warna biru, namun kini semakin banyak rumah di Jodhpur yang dicat dengan warna biru. Warna biru dianggap sebagai simbol kelas sosial, jadi tak sedikit warga yang mengecat rumah mereka dengan warna ini untuk menunjukkan gengsi.

3. Chefchaouen - Maroko

Para selebgram kondang dan para pelancong yang berkunjung ke Maroko hampir pasti pernah menginjakkan kaki di Chefchaouen. Kota di barat laut yang berdekatan dengan Tangier ini terkenal karena seluruh pemukimannya dicat warna biru laut. Jelas spot yang pas buat para penggila selfie. Berlibur ke Chefchaouen rasanya belum lengkap kalau belum membawa pulang foto berlatar dinding biru laut di sana.

Selain bangunan-bangunannya yang dicat sewarna laut, Chefchaouen juga dikenal sebagai destinasi wisata belanja dan produsen olahan ganja. Para pelancong biasanya berburu kerajinan tangan bikinan warga seperti selimut tenun dan pakaian wol. Atau membeli kief dan hashish, olahan ganja yang bisa ditemukan nyaris di seluruh penjuru kota.

4. Sidi Bou Said - Tunisia


Rumah-rumah putih dengan pintu dan jendela bercat biru laut menjadi ciri khas Sidi Bou Said, sebuah pemukiman di atas bukit yang ada di Tunisia. Kota ini menghadap langsung ke Teluk Tunis dan menawarkan pemandangan laut yang indah.

Sidi Bou Said dinamai sesuai Abu Said al-Baji, murid ahli sufi ternama Abu Madyan. Namun sosok yang berjasa menjadikan Sidi Bou Said sebagai kota biru adalah Baron Rodolphe d'Erlanger, pelukis dan pakar musik yang bermukim di sana selama 23 tahun.

5. Oia - Yunani


Berlokasi di puncak bukit Santorini yang sudah tersohor keindahannya, Oia pun menjadi salah satu desa dengan pemandangan terindah di dunia. Salah satu ciri khasnya adalah bangunan-bangunan bercat putih dan biru yang didirikan bertingkat layaknya terasering.

Lokasi Oia memungkinkan wisatawan menyaksikan kaldera Santorini dan pemukiman bernuansa putih yang tak pernah gagal menjadi objek foto keren.

6. Kampung Biru Arema - Indonesia


Terakhir ada Kampung Biru Arema yang berada di kota Malang, Jawa Timur. Lokasi tepatnya di Embong Brantas. Ini adalah pemukiman di bantaran Sungai Brantas yang dicat seragam dengan warna biru, sesuai warna klub sepakbola kebanggaan kota tersebut. Kampung dan warna birunya diresmikan pada 6 Februari 2018 dan kini menjadi salah satu spot Instagramable di tengah kota Malang.

Kampung Biru ini cuma terpisah jembatan dengan Kampung Warna-Warni Jodhipan dan Kampung Tridi yang menampilkan pemukiman warga dengan cat warna-warni yang lebih dulu diwujudkan.